1. Pierre Omidyar - Pendiri & Chairman eBay


Kekayaan: USD 5,2 miliar
Sumbangan: USD 800 juta

Pierre Omidyar adalah pendiri dan chairman situs lelang dan jual beli barang terkenal, eBay. Pria berkacamata ini dikenal sosok dermawan melalui yayasan yang ia dirikan bersama sang istri, Omidyar Network.

Yayasan filantropi yang berdiri tahun 2004 ini didekasikan untuk membantu berbagai organisasi yang dipandang berguna untuk masyarakat. Selain itu, Omidyar juga punya perusahaan finansial untuk masyarakat miskin.

2. Larry Ellison - Pendiri & CEO Oracle


Kekayaan: USD 36 miliar
Sumbangan: USD 808 juta

Lelaki berdarah Yahudi ini mendirikan Oracle yang kini menjadi salah satu perusahaan software enterprise tersukses di dunia. Selain sibuk dalam urusan bisnis, Ellison juga berkecimpung di dunia kemanusiaan melalui Ellison Medical Foundation.

Pada Agustus 2010, dia menjadi miliuner ke 40 yang bergabung dalam program The Giving Pledge. Program ini menggalang komitmen dari orang kaya di Amerika Serikat untuk memberikan sebagian besar kekayaannya.

3. Paul Allen - Pendiri Microsoft


Kekayaan: USD 14,2 miliar
Sumbangan: USD 1 miliar

Bersama Bill Gates, Paul Allen adalah sosok penting di balik kesuksesan Microsoft. Selama ini, dia telah banyak menyumbangkan uang untuk pendirikan dan kesehatan.

Misalnya, dia pernah menyumbang USD 26 juta pada almamaternya, Washington State University. Kemudian dia juga mendirikan organisasi penelitian medis, Allen Institute for Brain Science.

4. Michael Dell - Pendiri & CEO Dell


Kekayaan: USD 15,9 miliar
Sumbangan: USD 1,2 miliar

Pada tahun 1999, Dell dan istrinya mendirikan yayasan Michael and Susan Dell Foundation. Pendiri vendor komputer Dell ini memfokuskan yayasannya itu untuk membantu anak-anak yang tidak beruntung.

Di samping itu, yayasannya juga banyak membantu perkembangan pendidikan. Antara lain dengan hibah senilai USD 65 juta pada organisasi kesehatan yang berafiliasi dengan University of Texas.

5. Gordon Moore - Pendiri Intel


Kekayaan: USD 3,8 miliar
Sumbangan: USD 5 miliar (beberapa dibantu Intel)

Gordon Moore adalah salah satu pendiri Intel yang kini meraksasa sebagai produsen chip. Ia termasuk miliuner yang sangat dermawan dan telah memberikan sebagian besar hartanya untuk kemanusiaan.

Moore tercatat memberikan donasi terbesar kepada sebuah universitas, yaitu senilai USD 600 juta pada almamaternya, Universitas Caltech. Dia bahkan memanfaatkan saham Intel untuk memmbiayai yayasan kemanusiannya.

6. Bill Gates - Pendiri & Chairman Microsoft


Kekayaan: USD 61 miliar
Sumbangan: USD 30 miliar

Pria yang satu ini memang dikenal sangat murah hati. Bill Gates dalam program Giving my Pledge telah berkomitmen menyumbangkan separuh harta kekayaannya. Dan dia berjanji akan menyumbangkan semuanya jika sudah meninggal dunia.

Yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation tercatat sebagai yayasan kemanusiaan terbesar di dunia. Pria yang sudah tidak begitu aktif di Microsoft ini memang ssangat sibuk berkeliling dunia untuk aktivitas sosial.

Demikian lah 6 Miliuner Teknologi yang paling Dermawan .. dan jangan lupa like www.facebook.com/IlmuEdoBlogs

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2012 My Katsu / Template by : Urang-kurai