Satu Ekor Macan Tutul Dipulangkan ke JawaBadan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara memulangkan satu ekor macan tutul (panthera pardhus) ke pulau Jawa, Rabu (14/11/2012) kemarin. Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada Kamis (15/11/2012) disebutkan bahwa macan tutul yang dipulangkan tersebut berasal dari Jawa.
Macan tutul tersebut disita BKSDA Sulut karena merupakan hasil penyelundupan satwa liar ilegal. Setelah penyitaan, BKSDA SulUt menitipkan macan tutul berjenis kelamin betina tersebut di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki.
Lewat kerjasama dengan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga Jawa Barat kini macan tutul tersebut diikutsertakan pada Program Konservasi yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan.
Kepala BKSDA Sulut Sudiyono melepas langsung keberangkatan satwa dilindungi tersebut di Bandara Samratulangi Manado, kemarin. Dalam perjalanan, Macan Tutul yang diberi nama Cal tersebut didampingi oleh perawat satwa dari PPS Tasikoki, dokter hewan dan polisi kehutanan BKSDA Sulut.
Satwa diangkut dengan cargo maskapai Sriwijaya Air dari Manado ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Setelah secara resmi diserahkan kepada BKSDA Jawa Barat, Cal dibawa oleh tim dari PPS Cikananga ke Sukabumi. Seluruh proses translokasi berjalan lancar dan Cal tiba di PPS Cikananga dalam keadaan sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2012 My Katsu / Template by : Urang-kurai